top of page
Search

Hospital Bag Preparation



Hi Moms yang sedang menunggu kelahiran putra / putrinya. Terkadang moms pasti bingung perlengkapan apa ya yang wajib dibawa ke rumah sakit. Hal ini menjadi penting karena jika ada yang tertinggal, maka akan sulit untuk diambil lagi, terlebih masa kelahiran putra/putri terkadang tidak dapat ditebak waktunya. Oleh karena itu, hospital bag wajib sudah siap di usia kandungan 8 bulan. Sehingga jika terjadi kontraksi, moms dan dads bisa langsung ke rumah sakit dengan semua perlengkapan wajibnya. Yuk kita bahas perlengkapannya satu persatu!


Keperluan Administrasi:


Buku Medik Moms. Buku ini menjadi penting karena akan dilihat perkembangan Moms dari awal kehamilan hingga melahirkan.

Registrasi Rumah Sakit. Jika sudah melakukan registrasi atau pemesanan kamar rumah sakit di awal. Di beberapa rumah sakit selain dapat memesan kamar bersalin, bahkan ada yang memberikan tabungan untu proses bersalin. Harap untuk membawa dokumen tersebut.

Fotokopi KTP moms dan dads. Fotokopi KTP ini akan digunakan sebagai pembuatan surat kelahiran si kecil. Beberapa rumah sakit juga ada yang bisa membantu untuk pembuatan akte lahir si kecil. Moms dapat bertanya lebih lanjut kepada pihak rumah sakit terkait dengan dokumen apa yang perlu dibawa.

Hasil pemeriksaan Lab, EKG, dan USG. Hasil pemeriksaan ini menjadi penting. Moms dapat membawa semua hasil pemeriksaan jika nanti akan dibutuhkan



Perlengkapan Moms:


Pakaian atau piama dengan bukaan kancing selama di rumah sakit. Moms bisa menyesuaikan berapa lama moms akan menginap di rumah sakit hingga diperbolehkan untuk pulang. Biasanya moms dapat diperbolehkan pulang setelah 3 hari.

Kain panjang / sarung. Biasanya setelah bersalin moms belum bisa menggunakan celana. Jadi untuk kenyamanan moms bisa menggunakan sarung atau kain panjang.

Gurita atau korset selama selama di rumah sakit. Moms bisa mengggunakan gurita dengan perekat atau korset yang tidak terlalu ketat. Moms dapat menggunakan korset ketat dan bertulang setelah diperbolehkan oleh dokter ya. Penggunakan gurita rekat ini membuat moms lebih nyaman khususnya untuk moms yang akan lahiran secara cesar.

Pakaian dalam (underwear dan nursing bra), handuk, perlengkapan mandi dan alat kecantikan serta ikat rambut dan sisir.

Pembalut untuk masa nifas. Sekarang juga sudah ada celana menstruasi. Celana ini juga bisa kamu pergunakan selama masa nifas.

Apron menyusui dan batal menyusui

Charger handphone

Dry Shampoo

Pakaian untuk pulang dari rumah sakit

Nipple Cream

Sendal Rumah

Kaos kaki

Breast Pump dan perlengkapannya. Moms bisa melakukan sterilisasi terlebih dahulu

Breast pad dan nipple shield

Untuk Moms yang ingin melahirkan normal bisa mempersiapkan gym ball, squishy, diffuser dan oil dan speaker kecil untuk relaksasi.

Hadiah untuk si kakak untuk kelahiran anak kedua dan selanjutnya



Perlengkapan si Kecil:


Pakaian Bayi untuk pulang dari rumah sakit lengkap dengan sarung tangan dan sarung kaki serta topi

Biasanya pakaian bayi saat di rumah sakit sudah disiapkan. Jika moms dan dads mau membawa lagi bisa menyiapkan beberapa pakaian si kecil. Usahakan pakaian si kecil memiliki bukaan yang besar sehingga mudah dipakaikan

Popok sekali buang atau popok kain untuk pulang dari rumah sakit

Selimut, Bedong, dan Wearable Blanket

Cream bayi seperti diaper cream, face cream, minyak telon dll

Tumpukkan kain sebagai alas kepala bayi

Properti foto untuk si kecil (optional)

Tissue Basah dan tissue kering


Perlengkapan Dads:


Pakaian selama di rumah sakit

Perlengkapan pribadi seperti pakaian dalam, handuk, perlegkapan mandi, dll

Selimut

Charger Handphone

Kamera

Kaos Kaki

Hand Sanitizer untuk para pengunjung

Kain bagi yang mau menggendong si kecil



Source: https://kumparan.com/babyologist/perlengkapan-yang-wajib-ada-di-hospital-bag-hospital-bag-checklist-1rTeTteE8Ac/full


39 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page